Kajian Hadits

Keberkahan Menurut Sunnah

Majelis Alfath Cilegon Banten

*KEBERKAHAN MENURUT QODHI ‘IYADH*

Keberkahan sangat diperlukan demi mendapatkan nilai plus dalam segala hal yg kita lakukan. Namun tidak kemudian serampangan dalam memahami atau cara mendapatkan ‘keberkahan’ tersebut.

Mari menilik dan menelaah bagaimana cara mendapatkan keberkahan menurut para pendahulu dari kalangan orang-orang Sholeh yg beliau-beliau telah terbukti sukses mengarungi ‘belantara kehidupan’ ini.

Al-Qodhi ‘Iyadh pernah menuturkan bahwasannya,

إنما البركة فيما وافق الشرع و أقوال العلماء

“Yang dinamakan keberkahan itu adalah ketika tindak-tanduk kita sesuai dengan ketentuan Syara’ atau pendapat para Ulama'”

Ketika sikap dan perilaku seseorang justru bertentangan dengan ketentuan-ketentuan Syara’ maka hal yg demikian bukan malah mendatangkan keberkahan malah justru menjauhkan diri kita sendiri dari keberkahan.

Walaupun mungkin, ketika kita berupaya menyesuaikan gerak-gerik kita dengan ketentuan-ketentuan Syara’ yg telah disampaikan oleh para Ulama’ terdahulu para pewaris Nabi itu pada faktanya dianggap aneh, nyeleneh, asing, kaku, kolot, intolelir, kuno, gak jaman, kurang modern, gak gaul, atau yg lainnya, menurut sebagian orang sebab berbeda dengan kebiasaan yg telah lumrah berjalan atau kemauan beberapa oknum yg menganggap perilakunya benar (versi dia).

Dalam hal ini Qodhi ‘Iyadh memberikan motifasi kepada kita supaya tetap teguh dalam beragama sesuai dengan ketentuan Syara’ yg ada dengan mengatakan,

اتبع طرق الهدى ولا يضرك قلة السالكين ، و إياك و طرق الضلالة ولا تغتر بكثرة الهالكين .

“Ikutilah jalan-jalan petunjuk (kebenaran) dan jangan kamu merasa akan tertimpa petaka sebab sedikitnya orang yg mentaati aturan Agama.

Serta berhati-hatilah kamu agar tidak terjerumus dalam kubangan kesesatan, dan jangan kamu tertipu sebab banyaknya orang yg mengikuti jalur menuju kubangan kehancuran itu”.

Semoga kita tetap dijaga oleh Alloh SWT dalam mengarungi kehidupan ini sehingga kita bisa selamat sebagai mana beliau-beliau itu sukses melewati banyak ujian dalam kehidupan ini.

رب فانفعنا ببركتهم

و اهدنا الحسنى بحرمتهم

و أمتنا في طريقتهم

و معافاة من الفتن

@KH Khaerul Anwar Fathoni

To Top