Hikmah

LANGIT DAN BUMI MENANGIS DI AKHIR BULAN RAMADHAN

www.pinterest.com

LANGIT DAN BUMI MENANGIS DI AKHIR BULAN RAMADHAN

Disebutkan dalam sebuah riwayat,
Dari Jabir RA dari Rasulillah shalallahu ‘alaihi wa sallam,” ketika datang akhir malam bulan Ramadhan, langit-langit dan bumi, para malaikat menangis karena merupakan musibah bagi umat Nabi Muhammad SAW. dikatakan: Wahai Rasulluah,musibah yang mana?. Rasulullah menjawab: lenyaplah bulan ramadhan karena sesungguhnya doa-doa di bulan Ramadhan dikabulkan, dan sedekah diterima, kebaikan dilipat gandakan, dan adzab di tolak”.

Dalam lafadz lain:

ِإذَا كَانَ َاخِرُ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ بَكَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ وِالْمَلاَئِكَةُ مُصِيْبَةً لِاُمَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قِيْلَ اَيُّ مُصِيْبَةٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم هِيَ ذَهَابُ رَمَضَانَ لِاَنَّ الدَّعْوَاتِ فِيْهِ مُسْتَجَابَةٌ وَالصَّدَاقَةً مَقْبُوْلَةٌ

“Ketika tiba akhir malam Ramadlan, langit, bumi dan malaikat menangis karena adanya musibah yang menimpa umat Nabi Muhammad. (Sahabat) bertanya, “Musibah apakah wahai Rasulullah?” Nabi menjawab, “Berpisah dengan bulan Ramadlan, sebab pada bulan ini doa dikabulkan dan shadaqah diterima.”

” Sungguh Allah memerintah kepada malaikat Kiramul Katibin di bulan Ramadhan untuk menulis kebajikan yang dilakukan umat Nabi Muhammad SAW.”

Nabi bersabda,: ” Barang siapa puasa dibulan ramadhan dengan penuh keimanan dan karena Allah SWT maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Tidak ada musibah yang lebih besar kecuali habisnya bulan Ramadhan dan ketika langit dan bumi menangis karena musibah yang menimpa kita maka kita yang lebih berhak menangis karena habisnya anugerah dan kemuliaan ini.

Ya Allah berkahilah kami dibulan Ramadhan….
Terimalah amal ibadah kami.

والله اعلم @KHKAF

To Top