KETELADAN KELUARGA NABI IBROHIM AS

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Diawal bulan Dzulhijjah ini ada satu keluarga yang senantiasa dipuji dan dijadikan teladan bagi umat manusia khususnya umat islam yaitu keluarga Nabi Ibrohim AS, diantara keteladanannya :
1. Totalitas dalam ketaatan
ketika Nabi ibrohim diperintahkan berhijrah dari tanah kan’an menuju baitul maqdis beliau mentaati bahkan puncaknya ketika diperntah menyembelih putranya nabi Ismail beliau pun menjalankanya sampai digantikan dgn kambing yg besar.
Kita patut bertanya kpd diri kita tentang ketaatan kpd allah, terkadang kita lebih mentaati nafsu daripada allah, mentaati manusia daripada allah atau hal2 lain yg lebih kita taati dari pada allah, para pedahulu kita dari para sahabat, ulama dan sholihin mencapai kemulyaanya dgn ketaatan kpd allah.
2. Pondasi keimanan dlm keluarga
Al qur’an menceritakan kekhawatiran nabi ibrohim diakhir umurnya kpd keluarganya adalah apa yg kalian sembah setelah aku tdk ada..? Keimanan yg menjadi kekhawatiran besarnya, kita hari ini lebih memikirkan terhadap anak dan keluarga kita tentang isi perut mereka, penutup kulit mereka atau tempat tinggal mereka, kita lupa dgn isi bathin mereka, keimanan kpd Allah, tanpa sadar kita membangun pondasi keluarga kita dengan materi duniawi, jika pondasinya dari sesuatu yg akan hancur maka bangunan itupun akan hancur.
3. Kesabaran dalam Ujian dan Cobaan sudah menjadi sunnatulloh bahwa setiap diri kita akan diberikan ujian dan cobaan, lihatlah bagaimana keluarga nabi ibrohim AS, beliau diberikan anak setelah usia 86 tahun, diperintah meninggalkan anak dan istrinya ditempat yg tdk ada manusia bahkan tanaman, keluaga ini tetap patuh dan bersabar, kita lebih banyak berteriak ” sampai kpn..? Knapa aku diuji…?knapa bukan si fulan..? ” bersabarlah, sesungguhnya pertolongan allah ada dlm kesabaran dan bersama org yg sabar.
4. Keikhlasan dalam beramal
Sesungguhnya ruh dalam setiap amal adalah keikhlasan, Nabi Ibrohim ketika menyembelih putranya, ketika membangun ka’bah atau perintah yg lainya, keihklasan karena allah lah yang menjadikan amal tersebut menjadi contoh dan syariat bagi umat setelahnya, Abadikan amal ibadah kita dengan mengikhlaskannya.
5. Pengorbanan didalam ketaatan
Kisah keluarga Nabi Ibrohim AS, mengingatkan kita bahwa kita tdk akan sampai pada puncak kebaikan sampai kita berkorban dlm ketaatan kpd Allah, bukankah para sahabat nabi merelakan harta, darah bahkan jiwanya dalam rangka berjuang menegakan agama dan ketaatan kpd Allah, apa yg sudah kita perbuat untuk agama ini..? Sesungguhnya jika kita tdk membela agama ini maka Allah akan mempermalukan kita dihadapan hamba2nya kelak di akhirat.
6. Keyakinan dan tawakal
Nabi Ibrohim dan keluaganya tdk pernah gentar dan takut dlm menghadapi kehidupan, karena keyakinan selama kita menjalankan perintah Allah maka Allah tdk akan pernah menyia-nyiakan kita, hal itulah yg membuat allah menampakkan zamzam yg sampai hari ini terasa keberkahannya.
Semoga Allah memberkahi keluarga kita seperti keberkahan keluarga nabi ibrohim AS dan mengumpulkan kita semua diakhirat kelak bersama para nabi, syuhada dan solihin.
Semoga bermanfaat.
( Mina, 8 dzulhijjah 1415 H, Majelis Al Fath Cilegon Banten ) KHKAF

To Top